LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)

LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)

LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)

  1. Portal Akademik
  2. Masuk ke dalam portal akademik uniska, melalui Handphone, komputer atau laptop yang di gunakan harus terkoneksi dengan internet.

2. Buka aplikasi browser (mozilla firefox, google chrome, opera, internet explorer) kemudian ketikkan www.sia.uniska.ac.id pada browser untuk masuk ke halaman portal.

Description: D:\Data Magang\Untitled.png

3. Setelah masuk ke halaman portal, masukkan username dan password seperti gambar di bawah (bagi yang baru pertama kali login, masukkan NPM sebagaiusernamedanpassword).

Description: D:\Data Magang\PORTAL\portal sia.png

4. Setelah berhasil login, maka akan masuk ke halaman utama portal akademik.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\home.png

B.  Profil dan Password

1. Pada menu profil, silahkan untuk mengisi data diri secara lengkap, profil tidak bisa di simpan jika masih ada data yang kosong.

Description: D:\Data Magang\PROFIL\edit profil.png

2.  Pada menu password, silahkan mengganti password lama (nomor NPM) dengan password yang baru yang hanya di ketahui oleh masing-masing mahasiswa, di sarankan untuk mengganti password agar data-data hanya di ketahui oleh pengguna sendiri. Untuk mengganti password, silahkan masukkan password lama yaitu NPM kemudian masukkan password yang baru setelah itu ulangi masukkan password yang baru lalu pilih UPDATE untuk menyimpan password yang baru.

Description: D:\Data Magang\PASSWORD\pass mhs.png

C. Ambil Kartu Rencana Studi (KRS)

1. Setelah selesai melengkapi data di profil dan mengganti password, berikutnya silahkan melihat menu yang ada di bagian bawah foto. Untuk menyusun atau mengambil krs silahkan pilih menu Akademika kemudian geser cursor pilih Ambil KRS seperti gambar dibawah ini.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\AMBIL KRS\langkah2.png

2.   Menu ambil KRS berfungsi untuk memilih Mata Kuliah yang akan di ambil oleh mahasiswa-mahasiswa per semester nya. Pada halaman ambil KRS, beri tanda pada Mata Kuliah yang ingin di ambil dan pilih kelas untuk setiap Mata Kuliah yang di ambil (pilih Mata Kuliah dan kelas sesuai dengansemester yang di jalani, untuk semester 2 dan seterusnya silahkan membaca Evaluasi Keberhasilan Studi Semester terlebih dahulu).

3    Pilih Mata Kuliah yang akan di ambil beri centang dan pilih kelas kemudian pilih Ambil KRS untuk menyimpan data KRS seperti gambar di bawah ini.

D. Hapus Kartu Rencana Studi (KRS)

1. Menu hapus KRS berfungsi untuk menghapus Mata Kuliah jika mahasiswa mengalami kesalahan dalam pengambilan Mata Kuliah (kesalahan memberi tanda dalam memilih Mata Kuliah ataupun kesalahan dalam memilih kelas Mata Kuliah). Untuk menghapus krs silahkan pilih menu Akademika kemudian geser cursor pilih Hapus KRS seperti gambar dibawah ini.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\HAPUS KRS\langkah hapus.png

2. Untuk menghapus krsberi tanda hapus kemudian Update Status KRS, setelah itu pilih kembali pada menu ambil KRS untuk mengambil Mata Kuliah yang di inginkan. Pengisian KRS dapat di lakukan sesuai Kalender Akademik semester yang bersangkutan. Pengisian di luar batas waktu yang di tetapkan, maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan cuti otomatis.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\HAPUS KRS\tampil.png

E.  Kartu Rencana Studi (KRS)

1.   Menu kartu rencana studi berfungsi untuk mencetak Mata Kuliah yang telah di ambil oleh mahasiswa untuk di berikan kepada dosen pembimbing sebagai persetujuan untuk mengambil Mata Kuliah di semester tersebut. Untuk mencetak kartu rencana studi  silahkan pilih menu Akademika kemudian geser cursor pilihKartu Rencana Studi seperti gambar dibawah ini.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\CETAK KRS\langkah cetak krs.png

2. Untuk mecetak Kartu Rencana Studi silahkan pilih Cetak yang sudah di sediakan seperti gambar di bawah ini.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\CETAK KRS\cetak krs.png

3. Silahkan pilih Print untuk mencetak Kartu Rencana Studi.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\CETAK KRS\cetak krs 2.png

F.  Kartu Hasil Studi (KHS)

1. Menu kartu hasilstudi berfungsi untuk mencetak hasil atau mencetak nilai Mata Kuliah yang telah di jalani oleh mahasiswa di setiap semester nya. Untuk mencetak kartu hasilstudi atau KHS silahkan pilih menu Akademika kemudian geser cursor pilihKartu Hasil Studi seperti gambar dibawah ini.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\CETAK KHS\langkah khs.png

2. Untuk mecetak Kartu Hasil Studi silahkan pilih terlebih dahulu Periode Semester Kartu Hasil Studi yang akan diCetakkemudian pilih Go.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\CETAK KHS\cari khs.png

3.  Setelah itu silahkan pilih Cetak yang sudah di sediakan seperti gambar di bawah ini.

4.  Silahkan pilih Print untuk mencetak Kartu Hasil Studi.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\CETAK KHS\cetak khs 3.png

G. Transkrip

1. Menu transkrip berfungsi untuk mencetak semua hasil atau mencetak semua nilai Mata Kuliah yang telah di jalani oleh mahasiswa dari semester awal hingga semester akhir. Untuk mencetak transkrip silahkan pilih menu Akademika kemudian geser cursor pilih Transkripseperti gambar dibawah ini.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\CETAK TRANSKRIP\langkah transkrip.png

2.  Untuk melihat atau mencek data Transkrip silahkan pilih simbol pencarian seperti petunjuk pada gambar di bawah ini.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\CETAK TRANSKRIP\cek data.png

3.  Maka akan tampil seperti di bawah ini.

4. Untuk mencetak Transkrip silahkan pilih simbol printer seperti petunjuk pada gambar di bawah ini.

Description: D:\Data Magang\MAHASISWA\CETAK TRANSKRIP\cetak transkrip.png

5.   Silahkan pilih Print untuk mencetak Transkrip.

Share! ke media sosial anda...!